“Uniknya Asal Usul Lagu Tading Maham Daerah Tradisional”

Uniknya Asal Usul Lagu Tading Maham Daerah Tradisional

Pendahuluan

Lagu adalah salah satu bentuk ekspresi seni yang telah ada sejak zaman kuno. Di setiap daerah di Indonesia, terdapat lagu-lagu tradisional yang memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing. Salah satunya adalah lagu Tading Maham, sebuah lagu daerah yang berasal dari suku Dayak di Kalimantan Barat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi asal usul lagu Tading Maham serta beberapa informasi menarik lainnya.

Asal Usul Lagu Tading Maham

Lagu Tading Maham memiliki akar budaya yang dalam dalam masyarakat suku Dayak. Secara harfiah, “Tading” berarti syair atau puisi, sedangkan “Maham” mengacu pada sebuah alat musik tradisional yang digunakan dalam pertunjukan lagu ini. Lagu ini biasanya dinyanyikan secara bersama-sama oleh para pemuda-pemudi suku Dayak sebagai bagian dari upacara adat atau perayaan penting.

Tading Maham terdiri dari lirik-lirik yang kuat dengan makna filosofis yang mendalam. Lirik-lirik tersebut sering kali berkisah tentang kehidupan di masyarakat suku Dayak, hubungan manusia dengan alam sekitar, dan nilai-nilai budaya yang dijunjung tinggi oleh komunitas tersebut.

Dwi Septiana Alhinduan

Penggiat Pendidikan. Mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bertanah air.

Tags

Share this on:

Related Post