“Uniknya Asal Usul Lagu Tading Maham Daerah Tradisional”

Pengakuan Internasional

Meskipun menghadapi tantangan dalam pemertahanannya di tingkat lokal, ada harapan bahwa lagu Tading Maham dapat dikenali dan dipromosikan secara global sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia. Pengakuan internasional akan membantu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pelestarian budaya tradisional serta memberikan apresiasi yang pantas bagi seniman-seniman suku Dayak yang telah melestarikan warisan ini.

Inspirasi bagi Komponis Modern

Lagu-lagu tradisional selalu menjadi sumber inspirasi bagi komponis musik modern. Lagu Tading Maham yang kaya akan nilai-nilai budaya dan musikalitasnya dapat menjadi bahan dasar untuk menciptakan karya-karya baru yang memadukan elemen tradisional dan kontemporer. Hal ini akan menjaga kelangsungan hidup lagu Tading Maham dalam bentuk yang diadaptasi dengan gaya musik zaman sekarang.

Kesimpulan

Lagu Tading Maham merupakan salah satu lagu tradisional yang memiliki keunikan dan kekhasan dalam masyarakat suku Dayak di Kalimantan Barat. Dengan lirik-lirik berisi makna filosofis, penggunaan alat musik tradisional seperti Maham, serta peranan penting dalam kehidupan sosial dan upacara adat, lagu ini adalah bagian tak terpisahkan dari budaya suku Dayak.

Dwi Septiana Alhinduan

Penggiat Pendidikan. Mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bertanah air.

Tags

Share this on:

Related Post