“Analisis Struktural Not Angka Lagu ‘Jarum Jarum’: Studi Kasus”

Karakteristik Melodi

Karakteristik melodi dalam lagu ‘Jarum Jarum’ adalah kombinasi antara nada-nada yang ceria dan enerjik pada Bagian A dan B, serta nada-nada lebih emosional pada Bagian B dan Coda. Dalam hal ini, penulis lagu berhasil merangkai melodinya dengan baik sehingga mampu menggambarkan perasaan dan pesan yang ingin disampaikan melalui musik.

Analisis Harmoni dalam Lagu ‘Jarum Jarum’

Setelah melakukan analisis terhadap melodi, kita juga dapat melakukan analisis terhadap harmoni dalam lagu ‘Jarum Jarum’. Harmoni adalah kombinasi dari beberapa nada yang dihasilkan secara bersamaan guna menciptakan kualitas musikal tertentu. Dalam analisis harmoni, kita akan memperhatikan progresi akord serta pergerakan suara dalam rangkaian harmoni.

Progresi Akord

Dalam lagu ‘Jarum Jarum’, terdapat progresi akord yang cenderung sederhana namun efektif dalam menciptakan suasana musik tertentu. Penulis lagu menggunakan akord mayor untuk Bagian A yang menghasilkan kesan riang dan ceria. Sedangkan pada Bagian B dan Coda, akord minor digunakan untuk memberikan nuansa lebih emosional dan mendalam.

Dwi Septiana Alhinduan

Penggiat Pendidikan. Mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bertanah air.

Tags

Share this on:

Related Post