“Singkatan ‘Spenda’: Pengertian dan Makna Dalam Dunia Pendidikan”

Singkatan ‘Spenda’: Pengertian dan Makna Dalam Dunia Pendidikan

Pendekatan dan penggunaan istilah-istilah khusus dalam dunia pendidikan sering kali membingungkan bagi banyak orang. Salah satu singkatan yang umum digunakan dalam konteks pendidikan adalah ‘Spenda’. Dalam artikel ini, kita akan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengertian dan makna dari singkatan tersebut.

1. Apa itu ‘Spenda’?

Singkatan ‘Spenda’ merupakan kepanjangan dari “Sistem Pendukung Kelas Digital”. Konsep ini terkait dengan penerapan teknologi dalam proses pembelajaran di era digital. Sistem Pendukung Kelas Digital (SPeNDA) adalah suatu model pendidikan yang berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di sekolah-sekolah modern.

1.1 Bagaimana SPeNDA Beroperasi?

SPeNDA menggunakan berbagai platform TIK, seperti perangkat lunak pembelajaran digital, aplikasi seluler, dan sistem manajemen pembelajaran online untuk membantu guru dalam menyajikan materi pelajaran secara interaktif kepada siswa-siswa. Dalam konteks ini, guru bertindak sebagai fasilitator dan siswa diberi akses ke sumber daya belajar melalui perangkat komputer atau gadget mereka. Kemudian, mereka dapat mengikuti pelajaran secara online, melakukan latihan, dan berinteraksi dengan guru dan teman-teman sekelas melalui platform yang telah disediakan.

Dwi Septiana Alhinduan

Penggiat Pendidikan. Mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bertanah air.

Tags

Share this on:

Related Post